NEWS
DETAILS
Sabtu, 29 Aug 2020 07:00 - Asosiasi Honda Motor Palembang

Setiap biker tentunya akan melakukan pengecekan sebelum melakukan touring agar saat di perjalanan para biker tidak terhambat atau terhalang kendala. Kali ini team Ekspedisi Sumatera 2019 dari club Palembang Honda Streetfire Owners akan membagikan 10 pengecekan saat ingin melakukan touring/ Karena ada hal yang biasanya akan di cek sebelum touring dan harus baik keadaannya.

 

Yang pertama adalah pastikan rangka motor kalian dalam keadaan solid, terutama pada bagian sambungan yang di las. Ini biasanya untuk para biker yang melakukan modifikasi konsep touring dan pada motor yang menggunakan rangka teralis. Lalu yang kedua temen-temen wajib mengecek kabel-kabel kelistrikan motor jika melakukan modifikasi tambahan seperti lampu penerangan tambahan dsb, dan lakukan perbaikkan atau diganti jika ada yang tidak dalam kondisi baik. Yang ketiga para biker harus memastikan seluruh lampu dalam keadaan menyala, seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem dan lampu-lampu tambahan lainnya. Yang keempat kita perhatikan kaki-kaki motor seperti shock motor harus dalam keadaan baik serta velg dan ban motor harus dalam keadaan layak untuk digunakan. Jika ada retak pada velg atau grip ban yang sudah habis segera lakukan penggantian untuk menghindari crash saat touring.

 

Lalu yang kelima kita juga harus pastikan rem berfungsi dengan baik, terutama kampas rem harus dalam keadaan yang masih layak pakai. Yang keenam pastikan supensi motor dalam keadaan bekerja secara maksimal agar tidak menghambat saat melakukan perjalanan. Yang ketujuh cek aki motor dan busi harus dalam keadaan normal dan masih layak digunakan karna jika daya motor dan pengapian motor tidak layak pakai bisa menjadi kendala dijalan. Yang kedelapan bersihkan dan kencangkan rantai motor untuk motor manual dan cek panbel motor untuk motor matic. Yang kesembilan jangan lupa ganti oli dan cek cairan pendingin motor, pastikan dalam keadaan cukup dan tidak ada kerusakan. Lalu yang kesepuluh selalu ingat untuk membawa perlengkapan P3K dan sparepart cadangan seperti sekring, busi, sambungan rantai dsb.

 

Jika kalian masih belum terlalu paham untuk melakukan pengecekan-pengecekan, teman-teman bisa membawa motor kalian ke bengkel resmi Honda agar dilakukan servis dan pengecekan motor agar tidak ada kendala saat melakukan touring. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan kondisi bikernya sendiri agar tetap fit dan sehat. Jangan lupa istirahat yang cukup sebelum melakukan touring dan bila merasa capek atau mengantuk sebaiknya istirahat sejenak agar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK